loading...

Astafirullah,Inilah 6 Sebab Anak Yang Durhaka Kepada Orang Tuanya,No 5 Yang Sering Banyak Dilakukan



Hasil gambar untuk anak durhaka

Sebab-sebab Anak Durhaka
Banyak aspek yang mengakibatkan anak lakukan kedurhakaan pada orang tuanya, di antaranya :

1. Kebodohan 

Kebodohan yaitu penyakit yang mematikan, dan orang bodoh yaitu musuh untuk dianya. Jika seorang tak tahu akibatnya karena kedurhakaan dan hasil yang didapat dari berbakti pada ke-2 orangtua, baik dengan cara segera maupun tak segera, jadi hal itu bakal membawa seorang pada kedurhakaan dan memalingkan dari berbakti.

2. Pendidikan Buruk 

Orangtua yg tidak mendidik anak-anaknya supaya bertakwa, berbakti, menyambung silaturrahim, dan mencari kemuliaan, jadi hal semacam itu bakal membawa mereka pada sikap membangkang dan durhaka.

3. Ada pertentangan 

Ke-2 orangtua mengajarkan sesuatu pada anak-anaknya, walau demikian keduanya tak mengamalkan apa yang sudah mereka sampaikan, bahkan juga kadang-kadang keduanya lakukan hal yang bertentangan dengan hal semacam itu. Perkara ini akan memancing sang anak untuk lakukan pembangkangan dan kedurhakaan.

4. Memperlakukan anak-anak dengan cara buruk 

Perbuatan berikut yang bakal mengakibatkan kerusakan anak-anak dan jadikan mereka berbuat durhaka. Demikian halnya hal semacam itu bakal menjatuhkan martabat orangtua dan melemahkan dampak keduanya dalam mendidik anak.


 5. Kedurhakaan orang tua kepada ibu-bapaknya

Hal semacam ini adalah satu diantara sebab terjadinya kedurhakaan pada orangtua. Jika orangtua durhaka pada ibu-bapaknya (kakek dan nenek sang anak –ed), pasti keduanya akan dihukum dengan kedurhakaan anak-anak mereka padanya. Hal semacam ini kerap berlangsung lantaran dua aspek :
Lantaran anak-anak akan mengikuti orang tuanya dalam berbuat durhaka
Balasan diberikan sesuai sama type amalannya.

6. Minimnya ketakwaan pada Allah ketika berlangsung perceraian 

Ada beberapa orangtua jika alami perceraian, jadi keduanya tak bertakwa pada Allah Ta’ala, hingga perceraian pada keduanya juga berlangsung lewat cara tak baik.
Walau demikian, yang Anda jumpai, kalau semasing dari keduanya (bapak-ibu, -ed) bakal menjelek-jelekan keduanya dihadapan anak-anaknya. Bila anak-anak pergi menjumpai sang ibu, jadi sang ibu bakal mengatakan keburukan ayahnya, lantas awalilah dia mengajak untuk membenci dan menjauhi ayahnya. Demikian halnya bila sang anak-anak pergi menjumpai sang bapak, jadi sang ayah akan berbuat seperti apa yang diperbuat ibunya.
Mengakibatkan, anak-anak akan durhaka pada ke-2 orang tuanya. Pemicunya yaitu ke-2 orangtua tersebut, seperti apa yang disebutkan oleh Abu Dzuab Al-Hadzli :

Jangan sampai engkau geram pada satu perbuatan yang engkau juga turut mengerjakannya,
Sebenarnya orang yang layak memperoleh keridhaan yaitu orang yang mengamalkan sunnah.

Diketik lagi dari buku “Relakah Anakmu Durhaka? ” karya Hamad Hasan dan Muhammad bin Ibrahim


Sumber : https :// muslimah. or. id/9026-9026. html

0 Response to "Astafirullah,Inilah 6 Sebab Anak Yang Durhaka Kepada Orang Tuanya,No 5 Yang Sering Banyak Dilakukan"

Post a Comment