loading...

Astaghfirullah, Sungguh Besar Dosa Perbuatan Ini Yang Ternyata Dosanya Sama Dengan 36 Kali Zina




Dosa yaitu perbuatan yang tidak mematuhi hukum Tuhan atau larangan agama. Manusia dimaksud oleh Allah sebagai makhluk yang senantiasa ingkar serta berbuat dosa. Buktinya, sekarang ini, orang yang nikmati perbuatan dosanya makin banyak
Manusia sebagai makhluk Allah Subhanahuwata’ala yg tidak pernah luput dari dosa, tetapi tiap-tiap dosa yang kita kerjakan Allah Subhanahuwata’ala selalu memberi ampunan untuk kita dengan cara bertaubat dengan sesungguh-sungguhnya taubat terkecuali dosa syirik. Tetapi sebagai orang yang beriman kita sebisa-bisanya menjauhi perkara-perkara yang dapat menghadirkan dosa. di antara dosa yang perlu kita jauhi adalah dosa-dosa besar.

Dosa Ini Lebih Besar dari pada Lakukan Z!n4 36 Kali

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Salam bersabda yang artinya :

“Satu dirham yang dikonsumsi oleh seorang dari transaksi


riba sedang dia tahu, semakin besar dosanya dari pada lakukan perbuatan z!n4 sejumlah 36 kali. ” HR. Ahmad dan Al Baihaqi

Dari hadits di atas dosa seorang yang melakukan riba dosanya semakin besar dari pada lakukan perbuatan z!n4 sejumlah 36 kali.

Apa yang disebut Riba?

Dengan cara etimologi riba bermakna penambahan, baik yang ada pada suatu hal atau penambahan itu sebagai ubah pada suatu hal itu, seperti menukar satu dirham dengan dua dirham. Mengenai dengan cara terminologi, riba bermakna ada penambahan dalam satu barang yang spesial serta arti ini dipakai pada dua bentuk riba, yakni riba fadl dan riba nasiah “Maksud penambahan dengan cara spesial, adalah penambahan yang diharamkan oleh syari’at Islam, baik didapat lewat cara penjualan, atau penukaran atau peminjaman yang sehubungan dengan benda riba. ”

Hukum Riba

Seperti kita kenali berbarengan serta ini tidaklah satu hal yang asing lagi kalau riba yaitu suatu hal yang diharamkan dalam syari’at Islam seperti dijelaskan dalam Firman Allah Subhanahuwata’ala yang artinya :

“Hai beberapa orang yang beriman, jangan sampai anda mengonsumsi riba dengan berlipat-lipat serta bertakwalah anda pada Allah agar anda memperoleh keberuntungan. ” QS. Ali Imron : 130

“Padahal Allah sudah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. ” QS. Al Baqarah : 275


Di jaman saat ini praktik riba telah menjalar dilingkup orang-orang kecil sampai masuk dalam tataran negara kita. praktek riba ini kerap kita temui di instansi perbankan, perkreditan, dan lain sebagainya.

0 Response to "Astaghfirullah, Sungguh Besar Dosa Perbuatan Ini Yang Ternyata Dosanya Sama Dengan 36 Kali Zina"

Post a Comment